Oleh: imr@n | 9 Agustus 2010

Marhaban Yaa Ramadhan


Tak terasa waktu begitu cepat berlalu, InsyaAllah dan mudah-mudahan Allah SWT mempertemukan kita dengan bulan Ramadhan tahun 1431 H yang insyaAllah jatuh pada tanggal 11 Agustus 2010 (Kalender Muhammadiyah SumBar)  untuk menuai keutamaannya. Dalam menyambut bulan yang mulia ini biasanya ada beberapa tradisi di masyarakat minangkabau yang masih dipertahankan walaupun sebahagian dari umat dan masyarakat Minangkabau sudah meninggalkan tradisi tersebut, karena nyata-nyata tradisi tersebut jauh dari tuntunan agama bahkan cenderung melanggar agama. Diantara tradisi tersebut.

1. Ziarah Kubur

TPU Tunggul Hitam

TPU Tunggul Hitam

Pemakaman umum, pemakaman keluarga biasanya sudah mulai ramai dikunjungi oleh masyarakat sebulan bahkan seminggu sebelum masuk bulan ramadhan. Dikuburan mereka membersihkan kuburan, membaca al-qur’an, mendo’a, makan-makan, duduk-duduk, bercanda tawa dan sebagainya.

Pada awal Islam, Rasul melarang bahkan mengharamkan ziarah kubur karena nabi sangat khawatir pada aqidah umat yang diwaktu itu masih rapuh, akan tetapi akhirnya Rasul memperbolehkan ziarah kubur dengan maksud agar para peziarah mengingat mati sehingga menjadi motivasi untuk meningkatkan amal ibadah.

Tidak pernah kita menemukan Rasul menyuruh umatnya untuk membaca al-qur’an di kuburan atau mendo’a. Bahkan membaca al-qur’an dan melakukan ibadah sunat sangat dianjurkan dilakukan dirumah. Rasul bersabda, barang siapa yang dirumahnya tidak diperdengarkan ayat-ayat alqur’an maka rumahnya seperti kuburan, itu artinya apa?, tidak ada yang namanya membaca al-Qur’an di kuburan.

Duduk-duduk dikuburan, kenapa bisa terjadi? Karena kuburan itu ditembok, padahal nyata-nyata rasulullah mengharamkan menembok kuburan dan duduk diatas kuburan.

Kenapa kita harus tertawa di kuburan? Harusnya kita merenungi nasib kita, introspeksi diri, koreksi amal ibadah kita, karena cepat atau lambat kita semua InsyaAllah menyusul mereka yang berbaring disana.

Ziarah kubur tidak harus akan memasuki bulan Ramadahan saja bukan? Kapan saja bisa! Bahkan tidak kita temukan satu pun hadits atau ayat al-Quran yang menyuruh ziarah memasuki bulan Ramadhan. Agar kita tak terjerumus dalam TBC (Takhyul, Bid’ah dan Kurafat) kita perlu mengkaji lebih dalam masalah ziarah ini, jika akan menjerumuskan kita kepada hal-hal yang menjauhkan diri kita dari Allah SWT lebih baik kita tinggalkan saja.

TPU

TPU

2. Balimau

Bt. Kuranji

Tradisi baliamau biasanya dilakukan di sungai-sungai atau tempat rekreasi air dan pemandian yang dimaksudkan untuk menggugurkan semua kotoran lahir maupun batin, tujuan nya tampak begitu mulia akan tetapi adakah rasul menyuruh/memberikan tuntunan pada kita untuk mandi akan memasuki ramadhan?, sepengetahuan penulis ada 2 hukum mandi, wajib atau sunah. Wajib karena mimpi basah, berhadast besar atau junub  dsb, sunah hukumnya bagi kaum laki-laki sebelum jumatan. Tidak pernah kita temukan ayat Al-Qur’an maupun Hadist yang membahas balimau sebelum memasuki Ramadhan. Sebagai masyarakat yang mengaku berfilosofi adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah (ABS,SBK) masyarakat minang harus berhati-hati dalam beramal, amal tanpa ilmu (Taklid) artinya seorang muslim harus tau dasar hukum agama dalam melakukan sesuatu yang dianggap ritual atau ibadah, jangan sampai menjadi orang yang ikut-ikutan saja. Saatnya kita mengkaji lebih jauh dan lebih dalam.

Bahkan sering sekali para ustadz, alim ulama, para penceramah menghimbau kepada umat agar balimau dirumah masing-masing, “pai balimau tapi akhirnyo balunao”, bahkan ada sebagian masyarakat yang menyertakan Orgen Tunggal disela-sela acara balimau dengan biduanita yang masyaAllah, ndak tamakan dek kecek lai do dunsanak, balimau tapi akhirnyo balunao. Mandi pun bercampur laki-laki dan perempuan (Na’uzubillah), tak ingat kah kita ketika beberapa tahun yang lalu, Allah langsung menegur umat yang sedang balimau dengan gempa, hingga acara balimau nan balunao pun seketika menjadi bubar.

Bt Kuranji


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

MaranHoven.WordPress.Com

[ Information, Technology, Motivating, Inspiring People, Business ]

Mustafatope's Weblog

.... inspiring for teachers

fatkoer.wordpress.com

Sahabat Pembelajar

Gaptek Update®

Perkaya wawasan anda dengan informasi terbaru

Dongeng Geologi

Geologi Lingkungan, Energi dan Kebencanaan

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

Meniti Jalan yang Lurus

Mari kita kembali kepada Al Qur'an dan As Sunnah dengan pemahaman salaf

arie yulfa

Just another WordPress.com weblog

tentang PENDIDIKAN

AKHMAD SUDRAJAT

Anti GO Blog

Baca yang tersurat, juga yang tersirat

akhdian.net

BERBAGI PENGALAMAN & ILMU PENGETAHUAN

Nofrion Sikumbang

Semua Tentang Kegiatan, Ide, Pikiran dan Informasi Dari Penulis Untuk Semua Pembaca

%d blogger menyukai ini: